Seminar Nasional BIOTIK 2017


Ilmu pengetahuan dan pendidikan berbasis sains belakangan ini mulai terintegrasi dengan penemuan-penemuan yang berlandaskan Al-Quran. Banyak penelitian-penelitian yang menjadikan Al-Quran sebagai referensi utama para peneliti dalam risetnya, khususnya di Indonesia.
Indonesia sebagai salah satu negara dengan biodiversitas yang tinggi. Kekayaan sumber daya alam hayati (SDAH) ini merupakan anugerah sekaligus amanah dari Allah swt. Potensi yang besar tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu pemanfaatan tersebut adalah dalam bidang etnobiologi. Etnobiologi berkembang dari etno botani dan etnozoologi (Ford 2001 danHunn 2007). Interaksi yang dikaji dalam etnobiologi merupakan interaksi baik pemanfaatan, pengelolaan maupun upaya pelestarian flora dan fauna yang dilakukan masyarakat sesuai dengan kearifan lokal.
Eksploitasi banyak sekali terjadi di Indonesia yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab dan pada akhirnya menimbulkan kerusakan alam dan kerugian negara dalam jumlah yang sangat besar, sehingga sangat diperlukan upaya untuk menanggulangi hal tersebut salah satunya adalah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keberadaan flora dan fauna di lingkungan sekitar. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah pengintegrasian pendidikan sains dengan etnobiologi dalam memanfaatan sumber daya alam hayati (SDAH) untuk membentuk generasi yang berkarakter.
Menyikapi masalah tersebut maka Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry yang bekerjasama dengan Alumni dan lembaga terkait yang peduli akan kondisi pendidikan di Aceh mengadakan suatu event besar yang menjadi agenda kerja tahunan yaitu “Seminar Nasional BIOTIK 2017” yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyadarkan kepedulian semua lapisan masyarakat dan insan akademik akan pentingnya pendidikan sains islami untuk menghasilkan generasi yang berkarakter yang sedang hangat diperbincangkan dalam dunia pendidikan.

Berikut ini Brosur SEMINAR NASIONAL BIOTIK 2017


Komentar

  1. Your article had provided me with another point of view on this topic. I had absolutely no concept that things can possibly work on this manner as well. Thank you for sharing your opinion

    cara menghilangkan bekas koreng

    BalasHapus
  2. Ball games are too lengthy and move too slowly for younger viewers. So they interact in NRFI bets, 로스트아크 placing down cash on whether a run might be scored within the first. The onetime clandestine purview of illegal bookies has gone mainstream and is rising extra popular with each month’s record revenues.

    BalasHapus

Posting Komentar